Selasa, 28 Mei 2013

Tugas Proposal PI

BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang Masalah
            Perkembangan teknologi dizaman sekarang ini dirasakan semakin pesat, terutama didalam dunia informasi dan teknologi. Indonesia sebagai salah satu Negara yang sedang berkembang sebagai salah satu contoh nyata didalam perkembangan teknologi itu sendiri. Sekarang ini banyak sekali ditemui alat-alat yang dapat membantu pengguna dalam mengerjakan pekerjaan yang sederhana sampai pekerjaan yang sulit sekalipun.
            Dalam keseharian kita tidak lepas dari yang namanya kesulitan, yang salah satu diantaranya adalah didalam perhitungan. Mungkin sebagian besar masalah itu dapat diselesaikan dengan alat-alat hitung yang memiliki kemampuan untuk menghitung sampai beberapa digit sekaligus. Untuk itu penulis tertarik untuk membahas suatu alat sederhana yang dapat membantu penggunanya didalam melakukan perhitungan.
Alat ini bernama  “PENCACAH BARANG DENGAN UP-DOWN COUNTER”. Penerapan alat ini juga tidak terlalu rumit karena biasanya banyak digunakan diperusahaan ataupun institusi yang bergerak dibidang kargo dan gudang. Karena lebih banyak digunakan pada  bagian pergudangan/ kargo  agar dapat mengetahui berapa jumlah barang yang keluar dan masuk pada saat itu. Karena alat ini cukup sederhana dan memeiliki keterbatasan perhitungan .
Untuk itulah penulis mencoba menguraikannya agar pembaca dapat memahami alat ini.
           
            
1.2. Rumusan masalah
            Ketertarikan penulis untuk membahas alat ini dikarenakan oleh berbagai jenis masalah perhitungan dan juga cara pembuatan alat itu juga. Untuk itu penulis mencoba memberikan jalan keluar dengan pembuatan alat pencacah barang dengan up-down counter ini. Walaupun alat yang dibahas disini merupakan alat yang cukup sederhana tapi tetap bertujuan untuk membantu penggunanya keluar dari masalah tersebut.

1.3. Tujuan Penelitian
            Tujuan penelitian ini selain untuk melengkapi tugas yang diajukan untuk melengkapi syarat D III / setara sarjana dan juga memberikan pemahaman penerapan alat itu ataupun cara kerjanya bagi kita semua.

1.4. Sistematika Tulisan ilmiah
Sistematika tulisan ilmiah ini akan terbagi kedalam  beberapa Bab sesuai isi dan pembahasannya masing-masing dan tiap Bab akan diuraikannya menjadi sub bab menurut keperluannya. Sistematika tulisa ilmiah terdiri dari :
BAB I        PENDAHULUAN
Pada bab ini penulis akan dijelaskan mengenai latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian,  sistematika tulisan ilmiah.
BAB II       TEORI  DASAR
Pada bab ini penulis akan menjelaskan mengenai teori – teori dasar PENCACAH BARANG DENGAN UP-DOWN COUNTER, komponen yang digunakan dan cara kerja dari komponen – komponen dalam rangkaian tersebut.
 BAB III     RANCANGAN  & PENELITIAN
Pada bab ini penulis akan menjelaskan tentang cara kerja dan analisa rangkaian PENCACAH BARANG DENGAN UP-DOWN COUNTER, yang telah dibuat secara blok diagram dan cara kerja alat secara menyeluruh.
BAB IV     PERCOBAAN
Pada bab ini penulis akan menjelaskan tentang tujuan pembuatan alat, susunan alat, cara kerja alat, dan hasil percobaan setelah melakukan percobaan terlebih dahulu.
BAB V       PENUTUP
Pada bab ini penulis akan menjelaskan kesimpulan dari rangkaian dan saran – saran selama pembuatan alat  PENCACAH BARANG DENGAN UP-DOWN COUNTER.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar